Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

mengatasi-bau-mulut
CARA MENGATASI BAU MULUT SAAT BERPUASA -- Seperti halnya penyakit sariawan yang sering melanda kala berpuasa, masalah bau mulut juga kerap dialami orang yang sedang berpuasa. Meskipun puasa itu bisa memberikan kesempatan oragan pencernakan dan ginjal untuk beristirahat, namun masalah bau pada mulut kerap merisaukan. Namun sebenarnya tidak usah dirisaukan permasalahan Bau Mulut saat berpuasa. Kita bisa melaksanakan puasa tanpa bau mulut yang mengganggu, asal anda tahu tips dan cara mengatasi bau mulut saat berpuasa.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Sebenarnya penyebab bau pada mulut tidak jauh berbeda dengan penyebab sariawan yang timbul saat orang berpuasa. Pada saat orang berpuasa, mulut tidak memperoleh asupan makanan dan minuman, sehingga mulut menjadi kekeringan. Kondisi kering pada mulut ini membuat cairan ludah (Saliva) berkurang. Efek dari saliva yang berkurang ini pertumbuhan bakteri dalam mulut menjadi meningkat.
Nah bakteri dalam mulut yang jumlahnya meningkat tadi mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur. Padahal gas sulfur tadi memiliki aroma yang cukup menyengat, sehingga menimbulkan bau pada mulut.

Penyebab lain dari bau mulut saat berpuasa adalah dari makanan yang dikonsumsi saat berbuka atau saat sahur.  Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi membuat mulut lebih berbau misalnya saja daging, durian, ikan, jengkol dan lain sebagainya.

Tidak hanya faktor itu yang membuat bau mulut sat berpuasa, kondisi gigi yang berlubang dan infeksi gusi juga menyebabkan bau pada mulut. Gigi yang berlubang nemimbulkan potensi sisa-sisa makanan menyelip diantara lubang tersebut. Sisa makanan tersebut akan diproses oleh bakteri menjadi sulfur seperti dijelaskan di atas.

Selain gigi dan gusi, lidah juga rawan terkena kotoran sisa makanan yang menempel, maka lidah juga harus bersih dari sisa makanan sehingga tidak mudah menimbulkan bau pada mulut.  Penyakit saluran pernafasan dan beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan bau pada mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Setelah mengetahui beberapa penyebab bau mulut pada orang yang berpuasa, selanjutnya kita bisa melakukan langkah-langkah mengatasi masalah bau pada mulut. Berikut ini cara mengatasi bau mulut saat berpuasa:

1. Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur
Air putih bisa meningkatkan kadar Saliva yang akan membantu menjaga kebersihan mulut sehingga mulut tidak berbau saat berpuasa.

2. Hindari makanan-makanan yang beraroma
Seperti dijelaskan di atas berbagai jenis makanan berpotensi membuat bau pada mulut. Hindari atau minimalkan mengkonsumsi makanan-makanan seperti itu.

3. Gosok Gigi Dengan bersih
Menggosok gigi adalah hal wajib untuk mencegah bau mulut. Minimal 2 kali sehari setelah sahur dan sebelum tidur/setelah berbuka. Pastikan anda membersihkan seluruh rongga mulut dan lidah.

4. Perbanyak makanan berserat
Makanan berserat bisa berasal dari sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat akan memberi kesempatan rongga mulut untuk banyak bergerak sehingga mengurangi bau pada mulut.

5. Gunakan obat kumur
6. Hindari tidur lerlalu lama, karena ini akan memicu bau pada mulut.

Bau mulut pada orang yang berpuasa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan  itu bisa diatasi jika anda benar-benar punya kemauan untuk melaksanakan itu. Jika anda telah menempuh berbagai langkah mengatasi bau pada mulut saat berpuasa dan masih belum berhasil, mungkin anda mengalami penyakit tertentu yang membuat bau pada mulut. Jika ini terjadi periksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar