Memulai Ternak Kroto Bagian 2

Memulai Ternak Kroto
Cara Membuat / Mempersiapkan Rak

Selamat malam semua...kebetulan saat menulis postingan kali ini tempat saya tidak ada matahari cuma bulan itupun hanya secuil.
Apa kabar anda semua...semoga baik-baik saja.

So....mari kita mulai membahas  Cara Membuat / Mempersiapkan Rak untuk negeri baru para Laskar Semut Rangrang kita.
Rak di dalam beternak semut rangrang penghasil kroto sangat vital peranannya. Kalau kita tidak mempertimbangkan sebelum membuat atau menyediakan ( bisa beli dan lain-lain ) akan berpengaruh di dalam perjalanan proses penangkaran. 

Kenapa bisa berpengaruh ? 
Jelas ada pengaruhnya dong....kita ambil contoh kasus kecil saja, pada awal beternak anda asal-asalan membuat / menyediakan rak. 
Misalnya rak anda hanya sebuah papan yang hanya di topang batu lalu di letakkan di atas nampan yang sudah di beri air. Betul rak tersebut bisa anda pakai untuk mengisolir laskar semut anda yang mencapai ribuan atau puluhan ribu personil, tapi apakah anda sadar jika terjadi kelalaian ( Human Error ) kecil saja bisa berakibat fatal. Contohnya anda lagi mengamati prilaku Si Semut..... tidak anda sadari sebelumnya ada satu yang menggigit anda dan reflek tangan anda bersinggungan dengan papan "PRAKKK". Bisa anda bayangkan apa yang terjadi selanjutnya.....?? Tumpah dech....ke lantai dan berhamburan ribuan semut kesana kemari. Anda akan di buat sibuk untuk mengembalikan keadaan.

Mencermati contoh kasus di atas yang sengaja saya besar-besarkan serta sedikit lebay kata anak ABG sekarang ( hehehehehe). Mari kita ambil sudut positifnya atau hikmah di balaik cerita lebay tersebut, bila memang ada yang beternak seperti contoh kasus di atas. ( Pastinya ada toh...!!! )

Makanya saya menghimbau kepada anda semua rekanku sekalian para peternak dan juga calon peternak semut rangrang penghasil kroto mari dari awal kita planning / kita rencanakan matang-matang meski hanya rak untuk meletakkan toples / media tangkar yang lain.

Apa perlu mewah rak yang harus kita pakai ??? jawabannya TIDAK HARUS. Apa harus kuat raknya ??? YA..HARUS KUAT.
Kalau harus kuat berarti dari besi atau sejenisnya dong..???? Tidak harus dari besi atau sejenisnya. ( Tapi kalau bugjet dana ternak besar lebih baik )

Saya cerita pengalaman pribadi. Rak yang saya pakai hanya bale bambu ( eks. tempat tidur = maklum orang kampung ). Bale bambu tadi bagian atasnya saya beri anyaman bambu. Dia bagian keempat kakinya saya beri kaleng susu dan di isi air. Berjarak empat centi di atas kaleng saya balut kain bekas yang sudah saya celupkan minyak tanah di campur abu gosok eks pembakaran tungku. 40 toples berjajar rapi di atas bale tadi. dan di atasnya saya bisa membuat tempat lagi yang terbuat dari papan bekas di lapisi anyaman bambu. ( Kurang lebihnya seperti tempat tidur bertingkat )

Tips : Semut Rangrang sangat takut jika besentuhan dengan abu gosok sisa pembakaran kayu / sekam

Kenapa kok saya cerita rak yang saya pakai hanya bale bambu eks. tempat tidur orang kampung?? tidak lain hanya memberi gambaran kepada anda sekalian, bahwa dalam beternak semut rangrang penghasil kroto tidak harus mewah ( beli baru dll ) dari barang-barang bekas eks. perabot rumah tangga pun jadi.

Kurang lebihnya kalau anda punya dana lebih bisa memilih rak seperti gambar di bawah ini.





Silahkan di pilih modelnya sesuai keinginan dan bugjed dana. Bagi yang bugjed nol bisa berinovasi seperti yang saya lakukan dengan menggunakan bale bambu.Atau berimprovisasi yang lainnya. So...monggo...silahkan.

Selamat berapa saja sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Selamat malam...Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar